Cara Alami Merawat Jantung

Diposting oleh wimas

Hingga kini, penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian. Jadi, tak ada salahnya menjaga kesehatan jantung sedini mungkin.

···Jumlah penderita penyakit jantung dari tahun ke tahun terus meningkat. Di Indonesia, menurut Survey Kesehatan Rumah Tangga yang dilakukan Badan Litbang Departemen Kesehatan RI tahun 1995, 24 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit Jantung.
···Namun, jangan dulu takut atau berkecil hati. Penyakit jantung koroner dapat dihindari, karena sesungguhnya penyakit jantung koroner atau bahkan serangan jantung tidak muncul begitu saja, melainkan melalu proses yang memakan waktu cukup lama. Maka, amat penting bagi Anda untuk secara teratur memeriksakan kondisi jantung.




Hanya sekepalan tangan
···Jantung adalah organ berupa otot, berbentuk kerucut, berongga, dengan basis di atas dan apex (puncak)-nya di bawah. Apex-nya miring ke sebelah kiri. Berat jantung kira-kira 300 gram atau kira-kira sekepalan tangan orang dewasa. Namun begitu, jantung mengemban tugas berat, yakni harus memompa 38.000 liter darah dalam 100.000 kali denyutan setiap hari.
···Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah berkontraksi secara bergantian. Laju denyut-denyut jantung atau kerja pompa ini dikendalikan secara alami oleh suatu pengatur irama yang disebut nodus sinotrialis, letaknya di dalam dinding serambi kanan. Sebuah impuls listrik yang ditransmisikan dari nodus sinotrialis ke kedua serambi membuat keduanya berkontraksi secara serentak. Arus listrik ini selanjutnya diteruskan ke dinding-dinding bilik, yang selanjutnya berkontraksi secara serentak. Periode kontraksi ini disebut systole.
···Selanjutnya periode ini diikuti dengan sebuah periode relaksasi pendek kira-kira 0,4 detik yang disebut diastole, sebelum impuls berikutnya datang. Nodus sinotrialis menghasilkan antara 60 hingga 72 impuls seperti itu setiap menit ketika jantung sedang santai. Produksi impuls-impuls ini juga dikendalikan oleh suatu bagian sistem syaraf yang disebut sistem syaraf otonom, yang bekerja di luar perintah otak. Sistem listrik inilah yang menghasilkan kontraksi-kontraksi otot jantung berirama yang disebut denyut jantung.

Tanda-tanda serangan jantung
···Jika dada terasa nyeri, apakah berarti selalu ada masalah dengan jantung? Umumnya, ketidak nyamanan yang disebabkan oleh jantung, dikenal sebagai angina pectoris, tanda-tandanya yaitu dada terasa seperti dicengkeram, ditindih, atau seakan ketiban gajah. Sensasi tersebut dapat merambat ke atas ke bagian leher, rahang, lalu turun ke lengan kiri. Bisa pula disertai mual, napas pendek-pendek, banyak berkeringat, pening, atau jantung berdebar-debar.
···Tetapi banyak pula orang yang tidak mengalami tanda-tanda seperti itu, sehingga mereka rawan mendapat serangan jantung secara diam-diam. Umumnya kaum wanita tidak mendapatkan gejala klasik penyakit kardiovaskular tersebut. Yang sering terjadi, mereka merasakan kembung, panas di dada, salah cerna, atau gejala lain yang seringnya jadi salah didiagnosis atau dikira gangguan pencernaan.

Serangan jantung tak hanya akibat kolesterol
···Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja: tua, muda, laki-laki atau perempuan. Penyakit jantung terbagi atas penyakit jantung bawaan dan penyakit jantung koroner. Ketika Anda merasakan nyeri di sebelah kiri bawah tulang dada, bisa jadi itulah gejala awal penyakit jantung koroner.
···Selama ini banyak orang dengan mudah mengatakan, Si A meninggal karena serangan jantung. Apa sesungguhnya yang dimaksud dengan serangan jantung? Itu adalah suatu kondisi ketika bagian otot jantung (myocardium) mengalami kerusakan akibat secara mendadak jantung sangat kekurangan pasokan darah. Hal itu dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terhambat selama beberapa saat, entah akibat spasme (mengencangnya nadi koroner) atau akibat penggumpalan darah (trombus). Bagian otot jantung kembali segera berfungsi setelah spasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung kembali berfungsi secara normal. Ini sering disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung berhenti sama sekali, sehingga sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan permanen hanya dalam beberapa jam saja, maka hal itu dapat mengakibatkan bagian otot jantung tersebut mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infark.
···Yang menarik, baru-baru ini ditemukan bahwa sekitar setengah dari jumlah penderita penyakit jantung yang meninggal karena penyakit komplikasi kardiovaskular (seperti serangan jantung dan stroke) memiliki kadar kolesterol yang normal. Bahkan orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa saja tidak mengalami masalah kardiovaskular.
···Baru-baru ini di Harvard University School of Medicine, Cambridge, ahli jantung Paul Ridker, MD, MPH menemukan bahwa tingginya kadar C-Reactive Protein (CRP) dalam darah menjadi faktor risiko utama terhadap terjadinya serangan jantung.
···Wanita dengan kadar CRP amat tinggi memiliki risiko 4,4 kali lebih tinggi menderita masalah kardiovaskular seperti serangan jantung yang fatal atau nonfatal, strokeatau memerlukan tindakan operasi bypass atau angioplasty. Yang lebih mengejutkan, pasien dengan kardio-CRP tinggi dan kolesterol tinggi memiliki risiko sembilan kali lebih besar. Kesimpulan serupa juga berlaku untuk pasien pria.
···Pengujian kadar CRP juga dapat menunjukkan adanya radang pada pembuluh darah. Umumnya kita sudah mengetahui bahwa radang sendi dapat mengakibatkan artritis, nyeri otot, dan rasa sakit kronis. Tetapi tahukah Anda bahwa radang pada arteri juga berperan pada terjadinya serangan jantung atau stroke? Memang, radang semacam itu dapat melukai dinding pembuluh darah.
···Arteri yang terkena peradangan cenderung akan menumpuk kolesterol, sel darah putih, dan fibrus (zat pembek darah). Pembentukan—yang dikenal sebagai plak—itu berlangsung di dalam dinding pembuluh darah dan dapat menghambat aliran darah ke jantung atau otak. Akibatnya, berkuranglah pasokan nutrisi dan oksigen, yang mendorong terjadinya serangan jantung atau stroke.
···Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa dua pertiga serangan jantung lebih disebabkan oleh plak, sedangkan yang sepertiganya oleh aterosklerosis (penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah arteri).
···Jadi, agar yakin bahwa jantung kita tetap berada dalam keadaan aman, tak ada salahnya melakukan pemeriksaan secara teratur bukan?

Suplemen jantung sehat
Berikut ini sejumlah pilihan suplemen favorit untuk melindungi jantung:

1 MINYAK IKAN
···Penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi ikan berlemak dari perairan dingin, seperti salmon, sardin, cod, dan haddock, merupakan cara ampuh menghindari penyakit jantung. Itu berkat kemampuan zat antiradang pada asam lemak Omega 3 dan EPA pada ikan-ikan tersebut. Asam lemak Omega 3 menghambat prostaglandin E2, yang berperan menyebabkan radang arteri dan pembentukan plak.

2 RED YEAST RICE (tapai beras merah)
···Selama berabad-abad, masyarakat Cina menemukan bahwa ekstrak red yeast rice yang difermentasi sangat bermanfaat bagi jantung. Red yeast rice mengandung mevinolin yang menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Zat dalam obat resep dokter yang dikenal sebagai statin bekerja dengan cara serupa. Zat dalam red yeast rice memberi dua manfaat pada jantung, selain menurunkan nilai kolesterol total, LDL, dan trigliserida, juga efektif menumpas radang pada dinding pembuluh darah dan menstabilkan plak.

3 TOCOTRIENOL dan VITAMIN E
···Begitu mendengar vitamin E, yang terpikir pastilah alpha tocopherol. Sesungguhnya vitamin E juga mengandung tocotrienol. Serupa dengan red yeast rice, tocotrienol menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Tocotrienol juga antioksidan kuat dan merangsang melebarkan pembuluh darah. Banyak hasil penelitian mendukung pemakaian vitamin E untuk kesehatan jantung. Memang, menurut sejumlah penelitian, asupan harian vitamin E akan lebih bermanfaat daripada aspirin dalam melindungi tubuh kita dari penyakit jantung. Vitamin E alami (d-alpha tocopherol) lebih mudah diserap dan dimanfaatkan tubuh ketimbang vitamin E sintetis (dl-alpha tocopherol).

4 KUNYIT
···Rempah yang sering dipakai untuk memberi warna kuning pada makanan ini memang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Terkadang dianggap sebagai penangkal artritis alami, kunyit menghambat kerja dari COX-2 (enzim cyclo-oxygenase-2 yang menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah), jadi bisa mencegah radang pada dinding pembuluh darah.

5 HAWTHORN
···Tanaman bernama latin Crataegus oxyacanha ini mengandung zat aktif flavonoid, yang bersifat antioksidan dan antiradang. Hawthorn dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ekstrak herbal ini juga memperkuat otot jantung dan berguna dalam pengobatan gagal jantung akibat penyumbatan.

6 VIRGIN COCONUT OIL
···VCO adalah minyak kelapa yang diproses tanpa pemanasan, sehingga minyak yang dihasilkan memiliki sifat antiradang dan antioksidan.

Kelompok berisiko
Pria memasuki usia 45 tahun: sangat penting menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.
Wanita: memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi). Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.
Riwayat dalam keluarga: riwayat serangan jantung dalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.
Diabetes: kebanyakan penderita diabetes meninggal bukan karena meningkatnya kadar gula darah, tetapi karena kondisi komplikasi jantung mereka.
Obesitas: semakin gemuk dan semakin luas permukaan tubuh seseorang, semakin berat bagi jantung untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Terutama orang dengan obesitas tengah, yang biasanya berisiko lebih besar.
Kurang melakukan kegiatan fisik: merupakan salah satu akar penyabab penyakit jantung. Melakukan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.
Stres: banyak penelitian menunjukkan bahwa menghadapi situasi yang tegang, dapat menyebabkan jantung aritmia (ketidakteraturan denyut jantung) yang membahayakan jiwa.
Perokok: orang yang memiliki kebiasaan merokok umumnya rentan mengalami penyakit jantung.
Tekanan darah tinggi (hipertensi): penderita hipertensi umumnya juga berisiko terkena penyakit jantung.

Cegah dengan gaya hidup sehat
···Untuk meminimalkan risiko terserang penyakit jantung, Anda perlu menjalankan gaya hidup sehat. Yayasan Jantung Indonesia,sebuah lembaga yang bergerak dalam penyuluhan dan pencegahan penyakit jantung, memformulasikan kiat hidup sehat ini sebagai Panca Usaha atau SEHAT, singkatan dari Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hadapi stres, Atur tekanan darah, dan Teratur berolahraga.
1. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat serta batasi makanan berlemak dan garam.
2. Hindari faktor risiko seperti rokok.
3. Kontrol tekanan darah dn tingkat kolesterol secara teratur.
4. Mengelola stres. Caranya, lakukan kegiatan positif seperti menekuni hobi, relaksasi, dan berolahraga teratur untuk mengurangi stres. Anda juga bisa mengkuti senam jantung yang diselenggarakan Yayasan Jantung Indonesia.

3 komentar:

benimaula mengatakan...

cantik banget fotonya ha3x
sekolahnya mana sich.........
orang mana sich........
mandi air apa sich .........

andit kurniawan mengatakan...

sanagt bermanfaat artikelnya...
http://acupuncture-clinics.com/what-is-chinese-bitters

Unknown mengatakan...

thanks gan untuk infonya.

Posting Komentar